Spotlights

  • Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra: Mengukuhkan Fungsi Bahasa dan Sastra untuk Memperkuat Jati Diri Bangsa

    Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra: Mengukuhkan Fungsi Bahasa dan Sastra untuk Memperkuat Jati Diri Bangsa

    Spotlight

    Editor: Emzir dan Djamari

    Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra (SNBS) 1 ini merupakan hasil Seminar Nasional Bahasa dan Sastra yang diikuti peserta dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, dosen, guru, sastrawan, dan peneliti.

    Prosiding ini memuat hampir seluruh pemakalah bahasa dan sastra dalam bingkai penguat jati diri bangsa mulai dari kelayakan karya sastra sebagai bahan bacaan siswa, resepsi sastra, tradisi lisan, sikap bahasa, penguasaan kosakata, variasi bahasa sampai ke kebijakan dan pemutakhiran bahasa.

    Semoga prosiding ini dapat menjadi...

    Read More
  • Keamanan Maritim ASEAN dalam Perspektif Ekonomi Politik Indonesia

    Keamanan Maritim ASEAN dalam Perspektif Ekonomi Politik Indonesia

    Spotlight

    Penulis: Khanisa, M. Riefqi Muna, M. Defstu, Ratna Shofi Inayati, Pandu Prayoga, Tri Nuke Pudjiastuti, Faudzan Farhana, Adriana Elisabeth, dan CPF Luhulima

    Editor: Khanisa dan Faudzan Farhana

    Upaya untuk menegakkan kembali kedaulatan Indonesia di wilayah perairan, khususnya wilayah laut, telah digaungkan sejak beberapa tahun terakhir melalui visi menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. 

    Bunga rampai ini secara khusus membahas isu-isu strategis kejahatan di laut, diplomasi maritim Indonesia di ASEAN, dan interaksi antarkekuatan di kawasan....

    Read More
  • Penggabungan Wilayah Crimea Menjadi Bagian Negara Rusia Sebuah Kajian Yuridis dan Fakta

    Penggabungan Wilayah Crimea Menjadi Bagian Negara Rusia Sebuah Kajian Yuridis dan Fakta

    Spotlight

    Penulis: Frassminggi Kamasa dan Fransisca Devega Matulessy

     

    Crimea merupakan suatu daerah otonom yang mempunyai parlemen sendiri, namun secara fisik dan politik tetap masuk ke dalam wilayah kedaulatan Ukraina. Dalam hal ini, status Crimea masih merupakan bagian dari wilayah kedaulatan Ukraina. Padahal, mayoritas rakyat Crimea lebih memilih untuk bergabung dengan Rusia.

    Permasalahan timbul ketika terjadi krisis politik internal di Ukraina. Krisis ini dipicu oleh penolakan penandatanganan Perjanjian Asosiasi dan Stabilisasi dalam kerangka Uni Eropa oleh...

    Read More

Announcements

Program Instentif Pengetahuan dan Kearifan Lokal 2020

2020-03-24

insentif_022.jpg

Dalam rangka meningkatkan produktivitas publikasi nasional dan peran serta masyarakat dalam penyediaan dan pemanfaatan berbagai informasi yang memuat pengetahuan dan kearifan lokal, LIPI Press memberikan kesempatan kepada para peneliti, dosen, mahasiswa, pelajar, dan penggiat/komunitas kebudayaan dan kemasyarakatan untuk mengikuti program Pengetahuan dan Kearifan Lokal Berbasis Terbitan & Multimedia.

Read more about Program Instentif Pengetahuan dan Kearifan Lokal 2020

Selamat datang di sistem layanan penerbitan online LIPI Press, unit pelaksana teknis di bidang penerbitan ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

LIPI Press mengundang penulis potensial dari dalam dan luar LIPI untuk menerbitkan naskah buku hasil penelitian atau karya ilmu pengetahuan. Penulis dapat mengirimkan karyanya melalui halaman REGISTER atau LOGIN.