Program Instentif Pengetahuan dan Kearifan Lokal 2020

2020-03-24

insentif_022.jpg

Dalam rangka meningkatkan produktivitas publikasi nasional dan peran serta masyarakat dalam penyediaan dan pemanfaatan berbagai informasi yang memuat pengetahuan dan kearifan lokal, LIPI Press memberikan kesempatan kepada para peneliti, dosen, mahasiswa, pelajar, dan penggiat/komunitas kebudayaan dan kemasyarakatan untuk mengikuti program Pengetahuan dan Kearifan Lokal Berbasis Terbitan & Multimedia.

Pendaftaran melalui tautan tiny.cc/unggahkearifanlokalmu

Program Akuisisi Pengetahuan dan Kearifan Lokal Berbasis Terbitan dan Multimedia yang dikelola oleh LIPI Press merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengonservasi kekayaan alam dan sumber daya Indonesia ke dalam berbagai bentuk produk informasi, baik terbitan buku maupun terbitan Audiovisual.

Program ini terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia yang telah memiliki buku, naskah buku, atau materi audiovisual, baik berupa film dokumenter maupun animasi yang memuat konten pengetahuan dan kearifan lokal. Program ini selain dimaksudkan untuk mengakuisisi produk informasi yang telah terbit, juga menerima naskah/materi yang belum terbit ataupun audiovisual yang sedang melalui tahapan produksi. Akan tetapi, untuk naskah, materi, ataupun audiovisual yang belum terbit harus melalui prosedur dan mekanisme penerbitan di LIPI Press. Sementara itu, untuk buku/audiovisual yang telah terbit/tayang akan dilakukan penyesuaian format dan kelengkapan anatomi buku/multimedia sesuai dengan standar LIPI Press.

KETENTUAN

Program ini terbuka bagi semua masyarakat Indonesia, seperti peneliti, dosen, mahasiswa, pelajar, kreator, atau komunitas, serta penggiat kemasyarakatan dan kebudayaan. Pengusul dapat mengajukan naskah/materi atau buku/ audiovisual lebih dari satu dengan judul dan konten yang berbeda sesuai dengan jenis terbitan yang telah ditentukan. Adapun ketentuan bagi pengusul adalah sebagai berikut.

  1. Naskah/buku/materi dan audiovisual merupakan karya asli, baik yang ditulis/buat sendiri maupun bersama tim dan terbebas dari unsur plagiarisme yang dituangkan dalam surat pernyataan; (format lampiran 1)
  2. Naskah/buku/materi dan audiovisual yang diusulkan harus memiliki surat persetujuan/rekomendasi dari Kepala satuan kerja/pimpinan unit kerja/tokoh masyarakat/pejabat yang berwenang atau rekomendari dari pakar/ahli dalam bidang terkait; (format lampiran 2)
  3. Naskah/buku/materi dan audiovisual yang telah diterbitkan harus men­dapat persetujuan dari penerbit sebelumnya; (format lampiran 3)
  4. Naskah/buku/materi dan audiovisual dari pengusul akan diseleksi oleh suatu tim dan dievaluasi berdasar­kan persyaratan administrasi dan kriteria penilaian yang telah ditentukan.
  5. Naskah/buku/materi yang diajukan harus memiliki kelengkapan anatomi buku, seperti (a) Bahan Awal (Preliminaries) berisi Halaman Judul, Kata Pengantar, Prakata, Daftar Isi; (b) BahanIsi(Text Matter) berisi Pendahuluan, Bab, Subbab, Gambar dan Tabel (jik ada diberi nomor dan keterangan); (c) Bahan Akhir (Postliminaries) berisi Daftar Pustaka, Daftar istilah/Glosarium, Daftar Singkatan dan Akronim, Lampiran (jika diperlukan), Indeks, Biodata singkat penulis/kontributor.
  6. Audiovisual yang diajukan harus memiliki kelengkapan desain produksi (naskah, sinopsis, poster, konsep), biodata singkat kreator/kontributor.
  7. Naskah/buku/materi dan audiovisual yang diusulkan jika diterima akan dimuat ke dalam kanal publik domain yang dikelola LIPI dan dapat diakses secara terbuka untuk masyarakat/publik.

KATEGORI

Program Akuisisi Pengetahuan dan Kearifan Lokal Berbasis Terbitan dan Multimedia akan memberikan insentif untuk 100 produk informasi dalam dua kategori yang terdiri dari terbitan buku dan audiovisual. Untuk memudahkan proses akuisisi maka kategoriproduk informasi dibedakanberdasarkan jenisnya, yaitu terbitan buku dan produk audiovisual. Untuk lebih jelas, berikut ini beberapa kategori yang ditentukan.

Kategori I

  1. Buku Ilmiah/bunga rampai
  2. Film Dokumenter Iptek
  3. Film Pendek Iptek

Kategori II

  1. Buku Ilmiah Populer
  2. Buku Cerita Bergambar
  3. Film Animasi

PERSYARATAN

Sebagaimana yang uraikan sebelumnya bahwa kegiatan ini menerima produk informasi berupa naskah buku ataupun audiovisual, baik yang telah terbit/tayang maupun yang masih berupa naskah/manuskrip. Untuk itu, pengusul harap dapat memper­hatikan persyaratan berikut ini. 

Penyerahan Naskah Buku

  • Mengisi dan menyerahkan formulir pengajuan penerbitan buku melalui tautan Google Form tiny.cc/unggahkearifanlokalmu
  • Melampirkan surat rekomendasi dari pakar/ahli dalam bidang terkait; atau persetujuan penerbitan dari Kepala satuan kerja/pimpinan unit kerja/tokoh masyarakat (format lampiran 2).
  • Menyerahkan naskah lengkap, rapi, dan sistematis.
  • Memenuhi Format Penyerahan Naskah berikut.
  1. File Ms. Word. Jenis kertas HVS dengan ukuran A4 (21 X 29,7 cm).
  2. Margin: Atas 2,5 cm, bawah 2,5 cm, kanan 2,5 cm, dan kiri 3 cm.
  3. Jenis huruf Times New Roman Ukuran: 12 pt.
  4. Satu kolom, ditik dengan jarak 1,5 spasi.
  5. Satu sisi halaman saja (tidak bolak-balik)
  6. Setiap halaman diberi nomor berurutan dengan angka Arab.
  7. Setiap Gambar dan Tabel wajib diberi identitas berupa penomoran.  

Penyerahan Materi Audiovisual

  • Mengisi dan menyerahkan formulir pengajuan audiovisual (terlampir);
  • Melampirkan surat rekomendasi dari pakar/ahli dalam bidang terkait; atau persetujuan penayangan dari Kepala satuan kerja/pimpinan unit kerja/tokoh masyarakat/pejabat yang berwenang (format lampiran 2).
  • Melampirkan surat rilis audiovisual yang dibuat oleh produserapabila kreator bekerja secara mandiri.
  • Melampirkan desain produksi yang terdiri dari judul, sinopsis, naskah, konsep, biodata kreator (produser, sutradara, animator) dan credit title melalui tautan Google Form tiny.cc/unggahkearifanlokalmu
  • Memenuhi format penyerahan audiovisual sebagai berikut:
  1. Durasi audiovisual 1-60 menit;
  2. Resolusi video minimal full HD 1920 x 1080;
  3. Format .mp4 atau .mov;
  4. Audio stereo

Penyerahan naskah/buku/materi audiovisual yang telah terbit/tayang.

Seluruh berkas softcopy lengkap dikirimkan melalui tautan Google Form tiny.cc/unggahkearifanlokalmu

KRITERIA PENILAIAN

Penilaian dilakukan dengan penekanan pada aspek legalitas, orisinalitas, dan kualitas karya, seperti kelengkapan unsur anatomi buku, substansi dan alur pembahasan (5W+H), kesiapan naskah, keterbacaan naskah, kualitas ilustrasi, kelengkapan pustaka, dan rekam jejak penulis/kreator. Sementara itu, untuk audiovisual, seperti unsur-unsur sinematografi, isi dan alur cerita, komunikasi visual, kreativitas dan kriteria lainnya.

BESARAN INSENTIF

Biaya program kegiatan ini dibebankan pada DIPA UPT Balai Media dan Reproduksi (LIPI Press) Tahun Anggaran 2020. Insentif hanya diberikan kepada penulis/kreator (jika lebih dari satu penulis/kreator maka nama pertama yang mewakili). Proses pembayaran insentif dilakukan apabila naskah buku atau materi audiovisual telah direvisi sesuai dengan saran penilai dan sudah diterima oleh LIPI Press. Insentif setiap judul akan dipotong pajak sesuai dengan ketentuan (15%).

     Keputusan hasil seleksi merupakan kewenangan LIPI Press berdasarkan rekomendasi Tim Penilai (Dewan Editor LIPI Press) dan tidak dapat diganggu gugat. Adapun nilai insentif adalah sebesar:

  1. Rp5.000.000,- (lima juta rupiah) untuk kategori I.
  2. Rp3.000.000,- (tiga juta rupiah) untuk kategori II.

 ALAMAT KONTAK

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

UPT Balai Media dan Reproduksi (LIPI Press)

Gedung PDDI-LIPI, Lt.6. Jln. Gatot Subroto, No.10, Jakarta Selatan

E-mail: press@mail.lipi.go.id.

      Telp: +6221 5733465
      WA: +62 812-2228-485

insentif_01.jpg

insentif_03.jpg

insentif_04.jpg

insentif_05.jpg

insentif_06.jpg